Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

MAMPIR DI SAM POO KONG

  • Sabtu, 21 April 2012
  • ygw-gila
  • MAMPIR DI SAM POO KONG


     
    Ditengah kesibukan survey di Semarang, aku menyempatkan datang ke sebuah klenteng yang cukup terkenal di Semarang,konon katanya klenteng ini pun terkenal sampai ke Tiongkok. Bahkan pihak pemerintah Tionkok memberi pesan kepada penduduknya yan melancong ke Indonesia untuk mengunjungi klenteng ini. Jadi bertanya-tanya, whats up? yaps setelah bertanya pada beberapa orang berkompeten barulah aku mengerti..he..ternyata klenteng Sam Poo Kong adalah klenteng yang dibangun untuk menghormati pangeran Chenho yang pernah singgah ke semarang tepatnya di lokasi sam poo kong sekarang berada. Sejarah lengkapnya lihat di sini
    Peta Pembangunana klenteng

    Kuil atau kelenteng Sam Poo Kong terletak di daerah Simongan, Semarang. Cukup mudah dicapai dari tengah kota Semarang, ada papan petunjuk jalan yang jelas. Sering disebut Gedung Batu karena di dalamnya terdapat gua batu besar yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Ho (dikenal juga dengan nama Sam Poo Tay Djien) beserta anak buahnya saat berkunjung ke Pulau Jawa.

    Kuil ini sangat luas dan memiliki beberapa bangunan. Bangunan pertama adalah semacam pendopo yang menjual hio untuk kepentingan orang sembayang, lalu ada lagi pendopo yang menyediakan jasa pemotretan dengan menggunakan baju tradisional China, lalu bangunan utama nya yaitu kuil atau kelenteng itu sendiri yang terdiri dari beberapa bangunan. Di dalamnya terdapat lapangandan sebuah panggung yang hanya digunakan untuk acara-acara tertentu. untuk masuk kedalam area klenteng ini kita diminta retribusi Rp.3000. Tapi jika ingin masuk kedalam bangunan utama maka harus membayar Rp.20.000, kecuali bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah maka tidak akan diminta retribusi. 

    Pendopo

    Bangunan Utama

    Bagi anda yang berkunjung ke Semarang, maka klenteng ini layak masuk dalam list tempat yang harus and a kunjungi. Selamat menikmati nuansa Tiongha sebelum benar-benar berada di negeri Tiongha..

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    (c) Copyright 2010 sosial-budaya. Blogger template by Bloggermint