Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Pantai Klayar, Surga Tersembunyi di Pacitan

  • Selasa, 08 Mei 2012
  • ygw-gila
  • Keindahan Pantai Klayaran
    Pacitan ternyata menyimpan kecantikan alam yang tersembunyi. Pantai Klayar, Sebuah pantai nan cantik dengan karang yang eksotis siap memanjakan Anda yang datang. Sayang, akses menuju ke pantai itu sangat sulit.
    Pantai Klayar berada di daerah Kalak wilayah kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, yang jaraknya kurang lebih 35 Km ke arah barat kota Pacitan. Pantai berpasir putih ini memiliki suatu keistimewaan yaitu adanya seruling laut yang sesekali bersiul di antara celah batu karang dan semburan ombak.
    Pantai Klayar memang lebih dikenal wisatawan asing daripada wisatawan lokal. Baik karena pemandangan yang masih alami juga hamparan karang yang eksotis. Menuju kabupaten tempat lahir Presiden SBY ini, dari Yogyakarta perjalanan ditempuh 3 jam menggunakan kendaraan pribadi.
    Pantai Klayar sendiri merupakan teluk kecil yang terbentuk dari tebing-tebing karang. Garis pantainya tak terlalu panjang, sepanjang Pantai Ancol.
    Panorama Pantai Klayaran
    Pantai Klayar memiliki keindahan yang benar-benar mempesona. Pantai ini adalah pantai alami, tidak banyak campur tangan manusia di sini. Posisinya sangat jauh dari keramaian maupun kota Pacitan sendiri. Untuk mencapainya dibutuhkan waktu 3 jam naik sepeda motor dari jantung kota Pacitan dengan kecepatan rata-rata 50-60 Km/Jam lewat jalan tembusan. Tempatnya pun naik turun bukit yang terjal. Namun bagi pengejar landscape dan backpacker, keindahan yang ditawarkan akan sangat sepadan dengan kerunyaman transportasi dan jarak.
    Pantai Klayar sangat sepi, angin berhembus pun Anda bisa mendengarnya, senyapnya membuat Anda benar-benar seperti terhipnotis. Teriakan Anda akan terdengar dimain-mainkan angin kesana kemari dengan sangat jelas. Persiapkan segala sesuatunya di muka, karena jika semisal ban anda bocor atau bensin anda habis di sana maka hati Anda harus berlapis baja untuk mendorong kendaraan anda naik turun bukit berkilo-kilo untuk mendapatkan pertolongan. Sangat menantang bukan?
    Terlepas dari segala kesusahannya, Anda akan melihat pasir pantai yang sangat putih alami sisa-sisa hewan laut yang sudah meremah. Anda juga akan melihat nyiur kelapa yang bergelayut rapi. Contour dan texture landscape-nya sangat bervariasi. Ada karang yang menjulang berbentuk mirip Sphinx di Mesir, ada juga landasan karang yang memungkinkan anda melihat lobang gulungan ombak dari samping.
    Batu Karang Yang Indah di Pantai Klayaran
    Di sisi timur, 2 karang tinggi menjulang sepohon kelapa menjadi ikon favorit petualang. Di balik karang tinggi itu terhampar karang-karang lain yang diterjang ombak Samudra Indonesia setiap saat. Berhimpitan dengan karang tersebut, berdiri kokoh pulau karang layaknya di Tanah Lot, Bali.
    Di tengah garis pantai, terdapat hamparan pantai dengan batu karang kecil tersebar di tepi pantai. Sedangkan di tepi barat, tebing karang terbentang hingga 3 gugus setinggi lebih dari 50 meter. Tebing ini mengingatkan pada perang Inggris melawan Perancis dalam film Robin Hood yang dibintangi Russel Crowe..
    Air Mancur Alami Pantai Klayaran
    Di samping itu juga terdapat Air Mancur Alami yang sangat Indah. Air mancur ini terjadi karena tekanan ombak air laut yang menerpa tebing karang berongga. Air muncrat yang dapat mencapai ketinggian 10 meter menghasilkan gerimis dan embun air laut yang diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda. Di Pantai Klayar juga terdapat air terjun kecil setinggi kurang lebih 2 meter.
    Air Terjun Pantai Klayaran

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    (c) Copyright 2010 sosial-budaya. Blogger template by Bloggermint