Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

SEBUAH KEINDAHAN SEJARAH

  • Sabtu, 21 April 2012
  • ygw-gila
  • SEBUAH KEINDAHAN SEJARAH


    Terletak 13 Km dari kota Klaten, menuju barat pada jalur jalan ke Yogyakarta dan 17 Km dari Yogya menuju timur pada jalur jalan ke kota Klaten/Surakarta,Candi Prambanan atau Candi Rara Jonggrang adalah candi Hindu terbesar di Jawa Tengah. Secara administratif kompleks candi ini berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Masyarakat menyebut candi ini dengan nama candi Larajonggrang, suatu sebutan yang sebenarnya keliru. Rara dalam bahasa Jawa untuk menyebut anak gadis. Dalam cerita rakyat, Rara Jonggrang dikenal sebagai putri Prabhu Ratubaka yang namanya diabadikan sebagai nama peninggalan kompleks bangunan di perbukitan Saragedug sebelah selatan Candi Prambanan.
    Konon, kecantikan candi ini merupakan gambaran kecantikan dari seorang putri yang telah dikutuk oleh seorang pria yang telah ditolak cintanya. Cerita rakyat itu sampai saat ini masih diingat oleh rakyat-rakyat disekitar candi.
    Sungguh peninggalan sejarah yang sangat luar biasa yang dimiliki oleh bumi pertiwi ini. Sebagai generasi muda guna masa depan, maka merupakan sebuah tugas bagi generasi muda untuk melestarikan dan menjaga peninggalan sejarah sebagai bentuk identitas negara ini.

    Posted in Sosial Budaya

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    (c) Copyright 2010 sosial-budaya. Blogger template by Bloggermint