Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Archive for the 'Indonesia - Jawa Tengah' Category

• Selasa, 08 Mei 2012
  • ygw-gila

• Dan hari itu pun tiba. Setelah berpetualangan menjelajahi bumi Karimun Jawa selama dua hari penuh, akhirnya saat kepulangan itu datang. Hujan deras turun membasahi pulau karimun semenjak subuh tadi. Angin berhembus cukup dingin.
    Sejak jam 5.15 pagi, kami bertujuh sudah siap di depan homestay, menunggu jemputan yang akan membawa kami ke pelabuhan. Tiket kapal sudah dibagi tadi malam bersamaan dengan pembagian foto. Tas pun sudah di packing. Sarapan pagi pun sudah dilahap habis.
    Panitia travel berjanji akan menjemput kami jam 5.30 pagi agar kami bisa mendapatkan tempat duduk yang enak di kapal. Tapi melihat hujan yang turun dengan derasnya di pagi ini membuat kami sedikit cemas. Saat kedatangan kami di Karimun Jawa tiga hari yang lalu, penjemput kami adalah mobil bak terbuka. Nah, jika pagi ini, jemputan juga berupa mobil bak terbuka, kami pastinya akan basah kuyup.
    Jun 05 2011

Karimun Jawa, the paradise (Part 2 - Day of Adventure)

Hari ini (14/5/2011) dimulai sejak pukul 4.30 pagi. Aku terbangun dengan kondisi yang sangat segar dan tidak sabar untuk segera memulai semua petualangan di kepulauan yang indah ini.
    Perjalanan hari ini dimulai sejak pukul 7 pagi. Dari homestay kami berjalan bersama menuju dermaga kecil, tempat berlabuhnya kapal nelayan. Jarak dari homestay kami ke dermaga cukup dekat, sehingga jalan kaki ini sekaligus pemanasan sebelum “nyemplung” di laut nanti.

Di dermaga suasana sudah sangat ramai. Begitu ramainya hingga memancing Syah Bandar untuk keluar kantornya sekedar melakukan inspeksi mendadak terhadap kapal-kapal nelayan yang disewa para wisatawan untuk hoping island. Dan ternyata banyak dari kapal-kapal tersebut yang dinyatakan overload. Kapasitas jumlah penumpang kapal nelayan yang distandardkan si Syah Bandar adalah maksimal 15 orang plus 3 orang kru kapal. Sedangkan hari itu, jumlah penumpang rata-rata per kapal adalah 20 hingga 25 orang. Syah Bandar dan stafnya juga memeriksa jumlah pelampung yang tersedia di masing-masing kapal, dan didapati kenyataan bahwa jumlah pelampung kurang dari jumlah penumpang.
    Mei 27 2011

Menikmati Laut Karimun Jawa (Part1 – Hari Keberangkatan)

Have you heard about Karimun Jawa Island? Mungkin jika pertanyaan itu dilontarkan sekarang, banyak sekali orang yang menganggukkan kepala. Dan mungkin banyak dari mereka yang sudah pernah mengunjungi kepulauan yang terletak di utara Jawa Tengah tersebut. Tapi bagaimana jika pertanyaan tersebut dilontarkan dua atau tiga tahun yang lalu. Mungkin hanya sedikit yang tahu.
    Aku sendiri mulai mengenal Karimun di sekitar pertengahan tahun 2009 dari cerita seorang teman yang habis melancong kesana. Cukup aneh memang, karena nama Karimun Jawa sendiri sebenarnya cukup akrab denganku sejak kecil. Kebetulan di komplek perumahan tempat aku tinggal semasa remaja, ada sebuah blok yang diberi nama Jalan Karimun Jawa, dan blok ini hanya selisih dua blok dengan rumahku.
    Mei 11 2010

Lukisan senja di Pantai Utara Jawa

Kala langit sore cerah dan senja datang, itu adalah saat-saat yang sangat indah bagiku. Senja begitu mempesonaku. Entahlah, sejak kapan tepatnya aku menyukai senja, karena yang aku ingat, ketika kecil dulu,aku selalu kesal ketika senja tiba. Senja adalah pembuka malam, dan kala ku kecil, aku sangat membenci malam.
    senja2
    Ketika malam datang dan kegelapan membungkus bumi, aku selalu ketakutan. Selain itu, malam berarti berakhirnya masaku bermain dengan kawan-kawan dan tibalah saatku untuk belajar. Dan itulah yang membuatku membenci malam, dan juga senja.
    Apr 07 2010

Semalam di Surakarta Hadiningrat

Setelah dari Sarangan dan Grojogan Sewu, tibalah kami di Surakarta. Sebuah kota yang penuh dengan romantisme. Lagu Bengawan Solo, sebuah karya besar seorang Gesang, seolah-olah menyambut kedatangan kami di kota ini. Sejak memulai perjalanan dari Grojogan Sewu, tape mobil yang awalnya memutar lagu-lagu top 40 berubah haluan menjadi lagu-lagu jawa persembahan dari salah satu radio di Solo.
    surakarta7
    Yang pertama kami lakukan ketika sampai di Solo adalah memesan hotel (ngakunya backpacker, tapi jalan-jalannya naik mobil, nginepnya di hotel, xixixixixi). Memang di kota Solo inilah rencananya kami akan bermalam. Selain itu kami juga ingin menikmati suasana malam di sini. Kami memilih hotel Dana untuk tempat merebahkan diri selama di Solo. Konon hotel yang terletak di JL Slamet Riyadi ini adalah hotel tertua di Solo yang berdiri sejak 1952.
    Apr 04 2010

Kutemukan Pelangi di Grojogan Sewu

Perjalanan ke Tawang Mangu ini adalah lanjutan perjalanan The Three Mustkentir (Hikma, Aris dan Surya) setelah dari telaga sarangan. Setelah puas menikmati indahnya telaga sarangan, kami melanjutkan perjalanan ke tawangmangu dengan tujuan Air Terjun Grojogan Sewu.
    grojogansewu7
    Dari informasi di wikipedia, Air Terjun Grojogan sewu terletak di lereng Gunung Lawu, 27 km sebelah timur, kota Karanganyar, propinsi Jawa Tengah.
    Mar 13 2010

Menikmati Pasar Malam dan Lontong Tuyuhan di Rembang

Minggu ini aku mengunjungi Rembang lagi. Masih berkutat di projekku yang memang terus melakukan continues improvement. Tapi ada yang istimewa dari kunjunganku ke Rembang kali ini. Apa itu? Pasar Malam di Alun-alun kota Rembang. Ya Pasar Malam. Bagi orang kota, pasti akan sangat kesulitan mencari pasar malam di jaman sekarang ini. Selain karena faktor peminat, di kota-kota besar sekarang sudah jarang tersedia lahan kosong yang luas. Kalau ada pun, maka sewa lahan itu pastinya akan sangat mahal.
    rbg1
    Dari beberapa pedagang dan pemilik wahana pasar malam yang kutanyai, pasar malam ini diselenggarakan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW dan berlangsung selama 15 hari.
    Feb 01 2010

Menjelajahi Semarang, The Capital City of Central Java

Kesempatan itupun akhirnya datang juga. Ya, kesempatan menginjakkan kakiku di Semarang, salah satu kota di pulau Jawa yang menyimpan banyak sejarah. Rencananya, bersama Aris Widodo dan Ridho Adhi Hernowo, kami bertiga berniat menyusuri jalanan kota ini tanpa guide. Perjalanan rencananya akan kami mulai tanggal 24 Desember 2009 dan pulang pada tanggal 26 Desember 2009.
    smg06
    Tapi ternyata rencana berubah. Karena persiapan yang super duper mendadak, kami pun kehabisan tiket kereta api. Maklumlah long weekend, jadi ya namanya tiket kereta api mendadak menjadi barang langka. Kami pun memutuskan tetap melakukan perjalanan, tetapi naik bus. Agar tidak mengalami nasib kehabisan tiket pulang, sebelum berangkat kami sudah memesan tiket KA Rajawali untuk pulang dan Alhamdulillah, kami tidak kehabisan :).
    Des 19 2009

Kunjungan ke Kota Kartini, Rembang

Rembang adalah salah satu kota di pesisir utara Jawa yang merupakan tempat peristirahatan terakhir Raden Ajeng Kartini. Tidak salah jika kota ini sangat kental dengan nama Kartini, mulai dari sekolah Kartini, Balai Kartini hingga pantai Kartini.
    rb3
    Aku bisa dibilang beruntung mendapatkan kesempatan mengunjungi salah satu kota bersejarah di Pulau Jawa ini. Beruntung karena aku tidak perlu bersusah payah naik kendaraan umum untuk menuju kota ini. Beruntung karena aku tidak hanya sekedar mengunjungi, tetapi bermalam hingga 3 malam. Dan terakhir, beruntung karena aku bisa mengunjungi kota ini gratis tis, bahkan aku diberi uang saku dari kantor untuk perjalanan ke kota ini :-p