Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Lokasi Diving Terindah di Indonesia

  • Selasa, 08 Mei 2012
  • ygw-gila

  • diving, scuba diving, oktomagazine
    Lokasi Diving Terindah di Indonesia
    Indonesia memiliki kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa yang terkenal ke seluruh penjuru dunia. Baik di darat maupun di perairan (laut). Lautan merupakan objek wisata yang tidak pernah habis untuk digali keindahannya, terutama bagi para penyelam (diver). Berikut ini adalah 10 lokasi Diving terindah di Indonesia yang bisa Anda datangi untuk menyelam. Pulau Komodo
    Inilah pulau yang sedang hangat dibicarakan, karena masuk dalam New Seven Wonder. Pulau Komodo terkenal dengan habitat asli species hewan komodo yang terkenal di dunia yang juga ditetapkan sebagai kawasan Taman Nasional. Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara mempunyai lokasi diving yang paling di Indonesia.
    Menurut testimoni para diver yang sudah berkunjung, Pulau Komodo memiliki keindahan bawah laut yang terbaik yang dimiliki Indonesia, “Paradise Underwater” mereka menyebutnya. Disini terdapat ikan pelagis yang melimpah, terumbu karang dengan warna-warna yang mempesona serta keanekaragaman hayati yang membuatPulau Komodo bagian dari legenda yang harus tetap dijaga.
    Bunaken
    Bunaken adalah lokasi diving terindah di Indonesia yang legendaris. Pulau Bunaken yang terletak di Manado, Sulawesi Utara adalah kawasan taman laut nasional karena memiliki keanekaragaman hayati yang paling tinggi di dunia dan terletak di Segitiga Terumbu Karang.
    Ada 20 spot diving di sekitar Pulau Bunaken, namun hanya 12 titik yang paling sering dikunjungi oleh para diver dan pecinta wisata bawah laut. Pulau Bunaken pernah mencatat rekor baru dalam kategori penyelam terbanyak (2861 penyelam) yang diberi nama “Sail Bunaken”dan mendapat pujian dari para diver di seluruh dunia.
    Wakatobi
    Wakatobi adalah lokasi wajib bagi para pecinta diving yang terletak di Sulawesi Tenggara. Selain sebagai wisata laut yang terindah di Indonesia, Wakatobi juga merupakan kawasan taman nasional yang disuakakan. Di Wakatobi terdapat 750 spesies koral dan biota laut dari 850 spesies yang telah ada di dunia. Wakatobi adalah singkatan atau akronim dari empat pulau besar yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.
    Pulau Bali
    Keindahan Pulau Bali sudah terkenal di seluruh dunia, baik keindahan alam, budaya, adat istiadat dan dunia bawah lautnya. Tulamben adalah lokasi menyelam terindah di Indonesia yang menjadi tujuan wisata bawah laut wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Tulamben menawarkan berbagai jenis biota laut, terumbu karang yang indah dan bangkai kapal US Liberty sisa-sisa Perang Dunia II.
    Raja Ampat
    Mutiara yang terpendam, begitulah kami menyebut Raja Ampat. Raja Ampat terletak di Provinsi Papua Barat menjadi salah satu lokasi menyelam terindah di Indonesia dengan keanekaragaman hayati terlengkap di dunia. Raja Ampat terdiri dari 1.500 pulau yang tersebar di barat laut Papua. Pecinta wisata bawah laut, backpaker, pehobi diving, scuba diving, snorkeling pasti tidak akan melewatkan Raja Ampat sebagai tujuan wisata mereka.
    Disini terdapat 1.500an jenis species ikan, 700an jenis moluska, 500an lebih jenis karang dengan luas wilayah 4,6 juta hektar. Menurut The Nature Conservancy and Conservation International terdapat 75% spesies laut dunia menghuni pulau ini.
    Papua sesungguhnya adalah pulau yang “kaya” dengan tambang emas dan dunia bawah laut yang menakjubkan, namun sangat disayangkan potensi sebesar itu tidak dimanfaatkan pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat khususnya masyarakat Papua yang hidup dibawah garis kemiskinan teratas di Indonesia sebesar 46,81% atau 732 ribu jiwa.
    Karimunjawa
    Karimunjawa terletak di Laut Jawa dan masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara. Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, hanya 5 pulau yang dihuni oleh penduduk. Terdapat 30 lokasi menyelam di Kep. Karimunjawa dengan terumbu karang yang indah dan biota laut seperti ikan damsel, ikan napoleon, berbagai jenis kima dengan kedalaman 5 sampai 40 meter, jarak pandang 5 hingga 25 meter. Kepulauan Karimunjawa menjadi tujuan wisata yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas akomodasi mulai dari homestay hingga resort mewah, karena terdapat lokasi menyelam terindah di Indonesia.
    Selat Lembeh
    Selat Lembeh merupakan sebuah selat di Sulawesi Utara. Meski hanya sebuah selat, namun Selat Lembeh memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan, terumbu karang dan species laut yang beraneka ragam. Daya tarik Selat Lembeh adalah biota laut sebagai salah satu lokasi menyelam terindah di Indonesia.
    Anda dapat menemukan frogfish, udang Harlequin, wonderpush, gurita, cumi-cumi. Di sini Anda juga dapat menemukan sedikitnya tujuh species kuda laut yang indah, serta dapat menjumpai pegasus, pipefish, cardinalfish dan lainnya.
    Kepulauan Bangka
    Kepulauan Bangka menjadi terkenal setelah pulau ini diangkat ke dalam sebuah film “Laskar Pelangi”. Pulau Bangka terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau Bangka menjadi tempat menyelam terindah di Indonesia karena memiliki kekayaan laut yang memukau.
    Terdapat lebih dari 25 lokasi penyelaman dengan terumbu karang yang menakjubkan. Anda dapat menjumpai redtooth triggerfish, kakap biru bergaris, frogfish dan lainnya.
    Kepulauan Banda
    Kepulauan Banda terletak dalam wilayah Provinsi Maluku memiliki lokasi-lokasi menyelam terindah di Indonesia. Setidaknya ada 10 pulau yang masuk dalam Kepulauan Banda (termasuk Pulau Neira, Pulau Banda Besar dan Pulau Gunung Api) yang merupakan surganya para penyelam yang di sebut Laut Banda.
    Di Laut Banda banyak terdapat ikan pelagis seperti ikan cakalang. Laut Banda Anda dapat menjumpai berbagai keanekaragaman hayati laut seperti; scorpionfish asli Ambon, lumba-lumba, ikan tuna, ikan napoleon (ikan kerang purba yang dilindungi) dan masih banyak lagi.
    Pulau Alor
    Alor adalah sebuah pulau kecil di bagian timur Nusa Tenggara. Terdapat 26 titik lokasi menyelam terindah berkelas dunia di sekitar Pulau Alor. Para penyelam akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Disini Anda dapat menemukan hiu karang abu-abu, ikan barakuda, berbagai jenis gurita, serta beragam jenis karang, anemon penghuni khas lautan.
    (arimurti-indo.blogspot.com/ andreas@oktomagazine.com)

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    (c) Copyright 2010 sosial-budaya. Blogger template by Bloggermint